Peresmian Kantor Baru DPRD Dijadwalkan Pada Peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Palopo

PALOPO, ANGKASA NEWS – Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., memimpin pertemuan yang membahas tentang kesiapan dalam rangka memperingati hari jadi kota palopo ke-21 tanggal 2 Juli tahun 2023. Pertemuan itu didelar di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Senin 12 Juni 2023.

Sementara itu, ketua pelaksana peringatan hari jadi Kota Palopo ke-21 tahun, Irfan Dahri, S. STP., M.Si mengatakan, Peringatan hari jadi kota palopo ke-21 tahun ini berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Karena peringatan kali ini akan ada kegiatan pokok dan beberapa kegiatan kegiatan lainnya, semisal selain dari rapat paripurna istimewa DPRD yang juga dirangkaikan dengan peresmian kantor baru DPRD Kota Palopo yang mana ini menjadi kegiatan pokok hari jadi,” katanya.

Irfan Dahri menambahkan, kegiatan-kegiatan lain seperti malam harmoni kebersamaan 21 Kota Palopo, Palopo Fashion Carnaval (PFC) yang akan menampilkan etnis dari kelompok ataupun kerukunan-kerukunan keluarga masyarakat yang ada di Kota Palopo.

“Seperti kerukunan masyarakat Jawa, Lombok, Bali, Toraja Makassar, Tionghoa, dan lain lain, itu semua kita harapkan berpartisipasi di PFC nantinya,” tambahnya.

“Juga ada Libukang Island Fest, yang dikonsepkan akan diisi kegiatan seperti lomba perahu hias, manre sappera, lomba kecepatan perahu dan sebagainya,” ungkap Irfan.

Lanjut Irfan, Ada lomba mendongeng dan pidato bahasa daerah kita, yang mana akan diikuti oleh pelajar SD dan SMP, ini untuk kita menyiarkan kembali bagaiman penggunaan bahasa daerah kita sebagai bahasa ibu, bahasa luwu di kota palopo, dimana dikota palopo sendiri sudah ada perda tentang itu, bahasa daerah.

“Selanjutnya ada juga Night Race dan peresmian Ratona Motor Sport (RMS) Sirkuit Ratona Kota Palopo pada akhir bulan Juli yang akan diisi salah satu rangkaian kejuaraan nasional. Dan ini mungkin masuk sebagai salah satu yang pertama untuk night race, balapan malam dalam seri kerurnas ini,” jelas Irfan Dahri.

“Jadi kita tinggal matangkan konsep untuk pelaksanaan dilapangan. Dan ini tentunya membutuhkan partisipasi semua pihak, semua elemen masyarakat karena suksesnya acara ini tergantung dari bagaimana kolaborasi dan kebersamaan kita semua,” kuncinya.

Kadis kominfo, Wahyudin M, S.AN., MM., pada pertemuan itu meminta roundown acara setiap kegiatan karena menurutnya, pada peringatan hari jadi nantinya, Diskominfo Palopo akan menyiapkan videotron dan live streaming untuk semua kegiatan.

Sekretaris Daerah menyampikan, Peringatan hari jadi kota palopo tahun ini menjadi peringatan terakhir dimasa kepemimpinan bapak Walikota dan Wakil Walikota.

“untuk itu kita tentu semua berharap peringatan kali ini lebih baik dari biasanya. Kita mau seluruh elemen masyarakat terlibat didalamnya. Ini harapan kita semua, mudah-mudahan bisa menjadi peringatan hari jadi yang sangat meriah,” ungkapnya.

Sekda melanjutkan, beberapa kegiatan-kegiatan yang sudah kita rencanakan, tentunya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik apabila kita semua bisa melakoni apa yang sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita.

“Ditangan bapak ibu semua sudah ada keputusan walikota tentang pembentukan panitia.Walikota berharap seluruh panitia yang ada memperlihatkan kinerja memperlihatkan tanggungjawab sehingga apa yang menjadi harapan kita, bagaimana perayaan dalam peringatan hari jadi kota palopo kita ini bisa berjalan lancar dan sukses.

Tentunya kita juga berharap pihak keamanan bisa membackup kita karena Insya Allah kita akan laksanakan ini semeriah mungkin,” jelas sekda.

Lebih lanjut, sekda menyampaikan bahwa Tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir dari pemenuhan RPJMD Walikota dan wakil Walikota palopo, oleh karena itu saya meminta kepada Bappeda, sebagaimana yang telah disampaikan bapak Walikota sebelumya bahwa ada semacam buku capaian apa yang telah kita laksanakan, paling tidak 10 tahun terakhir ini.

Kita gambarkan, bahwa misalnya jalan yang sudah kita sudah bangun selama 10 tahun itu sekian kilometer, drainase sekian, bagiman capaian sektor ekonomi, dan sektor-sektor lain itu bisa digambarkan. Dan kalau bisa itu dibagikan pada saat peringatan hari jadi nanti.

Jadi ini menjadi gambaran bagi seluruh masyarakat bagaiman capaian-capaian yang sudah dicapai selama kepemimpinan bapak Walikota dan Wakil Walikota.

Kegiatan itu diikuti Kapolres Kota Palopo yang diwakili Kabag. Ops polres, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah, hadirpula pimpina sejumlah organisasi kemasyarakatan, dan undangan lainnya. (*)

Komentar