Analisa Serapan Anggaran, Komisi III DPRD Palopo Rapat Dengan Dispernakbun

PALOPO, ANGKASA NEWS – Komisi III DPRD, Rabu (30/8/2023), menggelar rapat dengan jajaran Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo.

Pada pertemuan itu, Komisi III membahas dan menganalisa progress anggaran yang melekat pada Dispertanakbun.

Pertemuan itu dipimpin Ketua Komisi III, Darmawati Lukman, dan diikuti anggota DPRD lainnya seperti Dahri Suli, Budirani Ratu, Efendi Sarapang, Herawati Masdin, dan Ely Niang, sementara dari Dispertanakbun dipimpin Kepala Dinas, Muh Ibnu Hasyim S.STp, beserta kepala-kepala bidang dan UPT.

Di hadapan Komisi III, Kadispertanakbun Palopo, Muh Ibnu Hasyim, memaparkan besaran anggaran Dispertanakbun di 2023 kurang lebih Rp19 miliar.

Hingga triwulan ketiga, realisasi belanja daerah dan belanja pegawai sebesar Rp12 miliar atau 65,5 persen.

Ia merincikan, pemasukan PAD Dispertanakbun dari retribusi rumah potong hewan (RPH) sebesar Rp765 juta (46%) dan UPT Mancani sudah mencapai 14% dari target Rp650 juta.
Pihaknya optimistis, raihan PAD hingga akhir Desember tahun ini lebih maksimal.

“Alokasi belanja pegawai kami Rp12 miliar meliputi gaji dan TPP, realisasinya hingga saat ini sudah di angka Rp7 miliar atau 65,7%. Alhamdulillah, seluruh program di lingkup Dispertanakbun berjalan sesuai porsi anggaran yang tersedia,” ujar Ibnu Hasyim.

Terkait pemaparan yang disampaikan Kadispertanakbun, anggota Komisi III, Budirani Ratu, mendorong agar pihak Dispertanakbun dapat mengoptimalkan pemasukan PAD hingga mampu mencapai target atau bahkan over penerimaan. (*)

Komentar