Usulan Pj Walikota Palopo Disorot, Fraksi di DPRD Dinilai tak Pro Kepentingan Masyarakat

PALOPO, ANGKASA NEWS – Pengusulan nama calon Penjabat (Pj) Walikota Palopo menuai polemik. Salah satunya karena usulan fraksi di DPRD Palopo lebih banyak muncul dari pejabat Pemprov Sulsel. Padahal, pejabat Pemkot Palopo juga banyak yang memenuhi syarat.

Tokoh Adat Tana Luwu, Abidin Arief To Pallawarukka SH, Jumat 11 Agustus 2023, mengatakan, usulan nama calon PJ Walikota Palopo dari fraksi itu mencerminkan para legislator Palopo ini tidak mengedepankan kepentingan masyarakat Kota Palopo.

Ia menilai, usulan nama PJ Walikota dari golongan jabatan pimpinan tinggi (JPT) di luar Pemkot Palopo itu mengindikasikan fraksi tidak mengedepankan kepentingan masyarakat Kota Palopo. Tapi cendrung mengarah pada kepentingan kelompok tertentu saja.

“Jika fraksi betul-betul peduli terhadap masyarakat dan Kota Palopo, maka kami yakin fraksi tersebut akan memperjuangkan pejabat yang ada dalam lingkaran Pemkot Palopo. Sebab mereka lebih paham tentang kondisi Pemkot, terlebih kultur masyarakat Palopo sendiri. Karena kesehariannya sebagai abdi negara lebih banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat Palopo,” tandasnya.

Sebagai warga negara yang berbudaya, kata dia, wajib hukumnya untuk selalu mengedepankan kepentingan masyarakat, apa lagi Kota Palopo ini merupakan salah satu pusat peradaban di Tana Luwu dari tiga kabupaten yang ada, yakni Luwu, Lutra, dan Lutim.

“Tentu tidak ada salahnya kita mengusulkan nama-nama dari pimpinan pejabat tinggi dari OPD lingkup Pemkot Palopo, seperti Sekda, Inspektorat, Sekwan, dll. Dimana mereka merupakan pejabat tinggi dalam lingkaran Pemkot Palopo yang berpengalaman dan sangat mumpuni,” tandas Abidin.

Harusnya, kata dia, soal pengusulan nama Pj tidak mesti mengusul lebih banyak dari luar, karena masing-masing mengusulkan tiga nama dari DPRD, kemudian ke gubernur, lalu diusul ke Mendagri.

“Dengan demikian, fraksi harusnya memberi kesempatan dalam pengusulan nama JPT agar fraksi yang mengusulkan JPT dari luar lingkaran Pemkot tidak memunculkan asumsi pembunuhan karier ASN Pemkot Palopo. Sebab masih banyak yang dianggap memenuhi pensyaratan menjadi PJ Walikota sesuai regulasi,” tandas Abidin.

“Ini soal karier, sehingga jangan dijadikan permainan. Berbeda dengan permainan seperti olahraga, seperti sepakbola atau voli, dan sebagainya, yang tidak terlalu penting dipermasalahkan jika mendatangkan pemain luar atau pemain bayaran,” kunci Abidin Arief.

Berikut nama-nama calon Pj Walikota Palopo usulan fraksi DPRD Palopo:

Fraksi Nasdem

  1. Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng
  2. Bahri Suli
  3. Firmanza DP

Usulan Fraksi Demokrat

  1. Asrul Sani
  2. Andi ikhsan
  3. M. Iqbal Suhaeb

Usulan Fraksi Gerindra

  1. Muhammad Arafah
  2. Andi Ikhsan
  3. Asrul Sani

Usulan Fraksi PDIP

  1. Asrul Sani
  2. Andin Ikhsan
  3. Muhammad Arafah

Usulan Fraksi Golkar

  1. Andi Ikhsan
  2. Iqbal Suhaeb
  3. Asrul Sani

Komentar