Sekda Kota Palopo Buka Sosialisasi PKKS Dan Penerapan Manajemen Keamanan Informasi SPBE

PALOPO, ANGKASA NEWS–┬áSekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, mewakili Walikota Palopo membuka Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber dan Urgensi Penerapan Manajemen Keamanan Informasi SPBE di Pemerintah Kota Palopo.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palopo di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Rabu 15 Februari 2023.

Laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palopo Wahyudin, S.AN menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada semua dan pengendalian yang berbasis elektronik.

Kemudian untuk mencapai penerapan keamanan pemerintahan berbasis elektronik yang efektif, efisien dan berkesinambungan.

Output yang diharapkan keamanan informasi untuk mendukung penerapan manajemen keamanan informasi sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan hari ini adalah bagian dari proses edukasi bagi kita semua, dalam rangka menambah wawasan dan pemahaman kita serta menguatkan Kesadaran kita akan pentingnya keamanan Informasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sekda juga sampaikan bahwa saat ini kita masih melakukan pembenahan SPBE karena sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk menuju smart city tentunya era digital ini tidak bisa kita hindarkan lagi.

Kita harus menyesuaikan dengan keadaan dan kota Palopo masih dalam pembenahan SPBE hasil evaluasi dari kemenpanRB indeks kita itu berada di posisi 2,90 dan di Sulsel yang paling tinggi itu 2,93 dan Kota Palopo termasuk dengan kategori baik.

Jadi diharapkan terutama kepada Diskominfo agar ini lebih ditingkatkan lagi dan kita Apresiasi kegiatan ini jangan sampai SPBE kita ini baik tapi tingkat keamanan belum terjamin.

Sehingga menurutnya informasi yang bersifat rahasia bisa menyebar keluar atau ada yang menggunakan ini untuk hal-hal yang dapat merugikan masyarakat kota Palopo.

Tentunya Bapak Walikota berharap kita dapat melakukan Perubahan-perubahan pembinaan agar SPBE kita kedepan semakin baik lagi agar kita dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Dilanjutkan dengan paparan materi peningkatan kesadaran keamanan siber dan urgensi penerapan manajemen keamanan informasi SPBE di Pemerintah Kota Palopo Oleh Aris Munandar, S.ST., M.P Analis tata kelola keamanan siber Sub. Koordinator pada Direktorat keamanan siber dan sandi Pemerintah Daerah Deputi III.

Turut dihadiri Unsur Forkopimda Kota Palopo, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo Serta Para Camat. (hms)

Komentar