Raja Matano Penuhi Undangan Festival Warisan Etnik Nusantara di Malaysia

MALAYSIA, ANGKASA NEWS – Mokole/Raja Wawainia Rahampu’u Matano, YM H Umar Ranggo Makandiu SE MM, memenuhi undangan Festival Warisan Etnik Nusantara 2023, di Mahkota Parade Mall Malaka, Malaysia, Kamis 6 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri para Raja atau Sultan se Nusantara, yang mendapatkan undangan khusus sebagai salah satu wujud penghargaan serta mempererat hubungan silaturrahim kerajaan Melaka dengan kerajaan yang ada di Nusantara. Salah satu kerajaan yang diundang khusus adalah kerajaan Wawainia Rahampu’u Matano, yang ada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Umar Ranggo menghadiri acara didampingi Pangeran Muhammad Tarekh Alfatha, yang merupakan putra bungsu dari pernikahan YM Ranggo Umar Makandiu SE MM bersama permaisurinya, Ratu Hj Zeni Ranggo.

Selain itu, juga dihadiri beberapa dari pengurus kerajaan Wawainia Rahampu’u Matano.

Pabbicara Kerajaan Matano, H Abutar Ranggo Paboleta La Makandiu SE, menyampaikan bahwa kehadiran Raja Matano memenuhi undangan acara, untuk menjalin silaturahmi dan sekaligus memperkenalkan budaya Matano, sebagai salah satu pusat peradaban besi tertua di nusantara.

“Kehadiran Kerajaan Matano di Malaysia, salah satunya membawa misi memperkenalkan bahwa di masa lalu ada kerajaan Matano yang menjadi pusat peradaban besi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, acara festival itu merupakan kesinambungan dari Festival Melayu Bugis yang pernah dilakukan pada tahun 2019 dan Festival Pendekar Antar Bangsa di tahun 2022.

Diketahui, festival ini menampilkan gaya hidup budaya kesenian sebagai warisan sejarah etnik nusantara, melalui aktivitas pameran persembahan dan demonstrasi, yang melibatkan peserta juga para pengunjung dari dalam negara bahkan dari seluruh pelosok Nusantara, seperti Indonesia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam. (fhm)

Komentar