Perpustakaan Luwu Kerja Sama DEBARA Gelar Lapak Baca Gratis

LUWU, ANGKASA NEWS– Sudah kita ketahui bersama, bahwa minat baca masyarakat di Indonesia tergolong cukup rendah.

Padahal kita tahu, membaca memberikan banyak maanfaat bagi diri kita, seperti Mendapatkan informasi, menambah ilmu, meningkatkan wawasan atau penghetahuan kita tentang apa yang kita belum ketahui. sehingga itulah mengapa membaca sangat penting. dari beberapa sumber yang ada, Salah satu cara atau tips untuk meningkatkan minat baca adalah dengan membuat jadwal untuk membaca.

Sebab dengan membuat jadwal membaca secara rutin. Maka kita akan termotivasi untuk melakukannya secara berkelanjutan. Contoh : membaca buku setiap hari selama 15 menit atau membuat kegiatan membaca buku secara rutin tiap pekan.

Seperti halnya yag dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Luwu yang melakukan kegiatan Lapak Baca Gratis, bekerja sama dengan Founder Dekker Baca Rakyat (DEBARA), yakni Jurais Ahmadi yang dimana dia juga adalah salah satu Finalis (Harapan 1) Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 yang berasal dari Kelurahan Suli, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu. yang sejak 2018 selalu melakukan kegiatan Lapak baca di beberapa tempat di Wilayah Kabupaten Luwu.

Jurais Ahmadi, Selaku Founder Dekker Baca Rakyat yang juga finalis Duta Baca Sulsel 2023, yang akrab disapa Rais, mengatakan bahwa Kegiatan Lapak Baca Gratis ini, dimulai sejak hari kamis, 25 Januari 2024. “Alhmadulillah, Kegiatan Lapak Baca Gratis hasil Kolaborasi Perpustakaan Luwu bersama DEBARA dan Duta Baca Sul Sel ini, dimulai sejak tanggal 25 Januari dan Insyaa Allah akan berlanjut dan rutin setiap hari Senin dan Kamis di Trotoar Lapangan Andi Djemma Belopa (Depan Kantor Bupati Luwu). Dan saya juga bersyukur karena kegiatan ini didukung penuh oleh Perpustakaan Luwu dengan menyiapkan Buku untuk dilapakkan, Menyiapkan Papan Tulis, Spanduk dan Air Mineral saat Lapak Baca Berlangsung, sehingga saya sangat berterimakasih kepada Perpustakaan Luwu”_Ujarnya (29/01/2024).

Rais juga menambahkan, bahwa rencana dirinya akan membuat kegiatan Lapak Baca Gratis terbesar dengan melapakkan sekitar 1.500 sampai dengan 2.000 buku. “Insyaa Allah, saya juga berencana mengusulkan kepada Perpustakaan Luwu untuk menggelar kegiatan Lapak Baca Gratis terbesar dengan melapakkan sekitar 1.500 sampai dengan 2.000 Buku saat Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang jika saya tidak salah informasi bahwa akan dilaksanakan pada Bulan Februari 2024. Dan kalau untuk stok bukunya, itu berasal dari Perpustakaan,” tambahnya.

Kegiatan Lapak Baca Gratis ini, diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat terutama di Kabupaten Luwu, sehingga kegiatan membaca buku menjadi kegiatan rutin masyarakat, minimal 15 menit dalam sehari, baik itu dilakukan di rumah, kantor maupun di tempat umum. (ais)

Komentar