Formawita Lutim Mosi tak Percaya Penerimaan Naker Non Staf PT Vale

SOROWAKO, ANGKASA NEWS– Saat ini, PT Vale sedang melaksanakan proses penerimaan tenaga kerja (Naker) Non Staf. Pada Minggu (25/2/2023) telah keluar hasil tes tekhnikal.

Ketua Formawita Lutim, Hasfin K yang selalu disapa Therenzha, menyatakan mosi tidak percaya terhadap proses seleksi penerimaan Naker Non Staf PT Vale.

”Sebab ada temuan-temuan yang didapatkan oleh para pemantau yaitu seluruh perwakilan organisasi yang ada di 4 wilayah pemberdayaan PT Vale. 2 ato 3 hari ke depan, saya akan menyurat ke Gubernur Sulsel untuk persoalan ini,” ujar Therenzha kepada awak media, Senin (27/2/23).

Dijelaskan Therenzha, terjadi polemik antar organisasi masyarakat dan pihak PT Vale pada saat dikeluarkan hasil tes tekhnikal yang dilakukan pada tanggal 25 Februari 2023.

Sehingga mengatakan mosi tidak percaya kepada Pemkab Lutim (Dinas Tenaga Kerja) dan Ketua DPRD Lutim. Dikarenakan Kadis Tenaga Kerja mengeluarkan bahasa akan mengambil tindakan kalau ada kebohongan yang dilakukan panitia penerima tenaga kerja non-staff yang sementara dilakukan PT Vale.

Sedang pihak panitia sudah jelas-jelas mengatakan tidak akan mempublikasikan hasil tes dulu sebelum berbicara ke pihak BOD Vale dengan alasan permintaan yang diberikan oleh semua organisasi masyarakat yang hadir di depan Kadis Tenaga Kerja Lutim.

Beberapa jam sesudah pertemuan dilakukan PT Vale ternyata mengeluarkan hasil tes tekhnikal. Dan sampai ini hari, tidak ada tindakan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Lutim. ”Ini menjadi tanda tanya besar saya. Sedangkan pertemuan itu dilakukan sesudah sholat Magrib,” ucap Therenzha.

Hal ini ditengahi langsung oleh Kadis Tenaga Kerja dikarenakan ada temuan-temuan yang didapatkan oleh para pemantau yaitu seluruh perwakilan organisasi yang ada di empat wilayah pemberdayaan PT Vale.

Sedang pimpinan DPRD Lutim di waktu seleksi berkas, dia hadir menjadi perwakilan masyarakat. Di tes seleksi berkas, dia tidak hadir. “Jadi tanda tanya besar juga bagi saya. Dua ato tiga hari ke depan saya, akan menyurat ke Gubernur Sulsel untuk persoalan ini,” katanya.

Humas PT Vale, Suwarni yang dikonfirmasi sekitar pukul 15:00 Wita, Senin, sekaitan Formawita Lutim Mosi tak Percaya Penerimaan Naker Non Staf PT Vale, belum memberikan jawaban, hingga berita ini dirilis Senin pukul 22:00 Wita. Konfirmasi via WA terlihat hanya dibaca. (ari)

Komentar