Bawaslu Luwu Utara Lantik 45 Anggota Panwascam

LUWU UTARA, ANGKASA NEWS- Sebanyak 45 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Luwu Utara resmi dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji turut di rangkaikan dengan pembekalan, bertempat di Hotel Remaja Indah Masamba, Jum’at, 24 Mei 2024.

Tampak anggota Panwascam yang dilantik mengenakan jas hitam berkemeja putih, lengkap dengan dasi berwarna merah.

Dalam pernyataannya Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Luwu Utara, Muhajirin, S.S.,M.H memberikan arahan langsung mengenai tugas dan fungsi Panwascam yang telah dilantik, serta menginstruksikan untuk melakukan konsolidasi.

“Hari ini sejumlah 45 orang anggota Panwascam telah resmi bertugas, jadi hal yang mesti dilakukan telah diberikan dalam materi pembekalan. Saya juga turut menginstruksikan ke seluruh Panwascam untuk melakukan konsolidasi di wilayahnya masing-masing. Pertama konsolidasi internal kemudian konsolidasi eksternal,” tuturnya.

Ia berharap seluruh stakeholder di wilayah masing-masing Panwascam dapat menjalin kerjasama dalam melakukan fungsi-fungsi pengawasan partisipatif, serta melakukan beberapa pemetaan.

“Panwascam mesti memassifkan koordinasi dengan FORKOPIMCAM, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang berada di wilayahnya. Serta melakukan pemetaan potensi kerawanan penyelenggaraan pemilu dan potensi kerawanan konflik yang kemungkinan dapat terjadi di momentum Pilkada, merujuk dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Utamanya pemetaan geografis, dikarenakan beberapa wilayah di Luwu Utara rawan terjadinya bencana banjir dan longsor. Sehingga hal-hal tersebut mesti di petakan sedini mungkin agar itu menjadi rekomendasi kepada semua stakeholder untuk dapat di antisipasi,” tutup Muhajirin.

Pilkada serentak di jadwalkan akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Komentar