Walikota Palopo Salam Kompak Gubernur Jateng pada Hari Otoda ke-27 di Makassar

MAKASSAR, ANGKASA NEWS– Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 secara nasional dipusatkan di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Upacara peringatan Otoda ini dihadiri pejabat Kementerian dan Lembaga, para Gubernur dan Forkopimda Provinsi, para Bupati/Walikota dan Forkopimda Kab/Kota, serta undangan lainnya.

Tak terkecuali Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir MH hadir pada kegiatan. Pada kesempatan itu, Walikota bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo. Keduanya tampak melakukan salam kompak.

Pada upacara itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang menjadi Inspektur Upacara mengakui bahwa upacara tersebut adalah  terbesar yang dihadiri oleh para Kepala Daerah. “Bulan Januari lalu dilaksanakan Rakornas di Sentul yang dihadiri para Kepala Daerah dan Forkopinda serta dipimpin langsung oleh Bapak Presiden. Tetapi itu indoor, kalau ini outdoor yang terbesar,” ucapnya.


Untuk itu, Mendagri menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya kepada Pemerintah Kota Makassar. “Peringatan Hari Otonomi Daerah adalah untuk memperingati perubahan sistem pemerintahan yang di masa orde baru pada sistem sentralistik, dan pada saat otonomi daerah, sebagian kewenangan diserahkan kepada daerah,” jelasnya. (din)

Komentar