Walikota Palopo Dampingi Tim Penilai Satyalancana Wira Karya Tinjau Sentra Pengelolaan Rumput Laut

PALOPO, ANGKASA NEWS–¬†Walikota Palopo, Bapak Drs. H. M. Judas Amir, M.H mendampingi Tim Penilai Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan, melakukan kunjungan lapangan ke sentra pengelolaan rumput laut, di Kelurahan Temmalebba Kecamatan Bara.

Dan kunjungan ke pabrik pembuatan biostimulan rumput laut yang ada Kelurahan Benteng Kecamatan Wara Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

Dalam Kunjungan Lapangan itu, Tim melakukan diskusi dan dialog dengan kelompok pemberdayaan masyarakat dalam budidaya rumput laut dan para pelaku pembudidaya polikultur rumput laut.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Brigjen Pol. Drs. R. Adang Ginanjar, S., MM., dalam arahannya pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kunjungan dirinya bersama tim di kota palopo adalah perintah dari pimpinan. “dimana pimpinan kami disini adalah Menkopolhukam, yang juga ketua dewan Pemberian Gelar dan Tanda Kehormatan,” ungkapnya.

Brigjen Pol. R. Adang melanjutkan, datang untuk melihat kota palopo ini, yang akan diberikan penghargaan satya lencana Wira Karya.

“Karena Satya Lencana ini akan diberikan oleh Bapak Presiden, sehingga tentunya juga kita akan mengecek sejauh mana kota palopo ini memberikan suatu ide dan inovasi daerah untuk mensejahterakan masyarakatnya,” lanjutnya.


“makanya nanti kami akan bertanya, feedbacknya juga mungkin ada masukan-masukan dari bapak ibu, dimana masukan ini nantinya akan kami sampaikan kepada tim kami di pusat, karena ada tim yang khusus untuk terkait masukan-masukan yang berkaitan dengan penghargaan yang akan diterima nanti oleh daerah maupun kota-kota,” jelasnya.

Andi Supriadi, S.AP , salah satu anggota Tim menambahkan bahwa Inti sebenarnya kita kunjungi lokasi Wira Karya itu adalah outcome atau dampak pemanfaatan.

Jika memang nanti bisa dibuktikan adanya peningkatan kesejahteraan sebagai outcome dari jasanya Bapak walikota, insya Allah itu bisa kita ajukan kepada ketua dewan GTK, yang dijabat Menkopolhukam, Mahfud MD.

“Ini, Menkopolhukam yang konsen sekali mengenai adanya pimpinan atau kepala daerah yang bisa meningkatkan potensi diwilayahnya masing-masing sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Lanjutnya, “Ini semacam kita ingin melihat testimoni dari masyarakat dikota palopo ini, semacam bukti juga bagi kita nanti dalam menyampaikan laporan pada ketua dewan GTK.
Artinya, verifikasi lapangan itukan mau memfalidasi atas usulan yang disampaikan. Kalu memang data-datanya valid, akurat, nanti kita sampaikan dalam laporan,” jelasnya.

Sementara itu,  Walikota Palopo Bapak Drs. H. M. Judas Amir, MH pada kesempatan itu juga menyampaikan Terima Kasih kepada para petani pembudidaya rumput laut dan juga dinas perikanan dan kelautan kota palopo.

“Apa yang kita kerjakan bersama, setiap tahun kita benahi masalah bersama, apa yang masyarakat butuhkan sedikit demi sedikit kita berikan. Alhamdulillah inilah hasilnya,” ungkap walikota.

“setelah saya analisia sumber kehidupan dikota palopo, terutama terkait pada saat covid-19, dipalopo ini, masih kita pertahankan Inflasi yang terbaik untuk Sulawesi Selatan dan salah satu penyebabnya adalah bersumber dari sini, nelayan kita dan itu tentu saya harus berterima kasih kepada teman-teman semua,” lanjutnya.

Setelah Kunjungan Ke Kecamatan Temmalebba Tim Penilai Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan, melakukan kunjungan lapangan ke pabrik pembuatan biostimulan rumput laut.

Pada kesempatan itu Tim penilai mengunjungi pabrik pembuatan biostimulan rumput laut dan melakukan dialog bersama dengan pengelola biostimulan.

Walikota Palopo Sampai kan agar membuat proposal seperti yang ada agar kita memberi kan perlengkapan seprti apa yang dibutuhkan yang bermanfaat bagi pengelolaan biostimulan rumput laut.

Pada kunjungan itu diikuti sekretaris daerah kota palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH. M.Si,  sejumlah pimpinan perangkat daerah kota palopo camat dan warga masyarakat. (hms)

Komentar