Wali Kota HM Judas Amir Sukses Antar Palopo Paling Sejahtera di Sulsel Diluar Makassar

Berdasarkan Survei Indeks Pembangunan Manusia Badan Pusat Statistik 2022

PALOPO, ANGKASA NEWS– Sulawesi Selatan merupakan sebuah provinsi di semenanjung Sulawesi sebelah selatan. Sulawesi Selatan terbagi ke dalam 24 kabupaten/kota dan beribukota di Kota Makassar.

Perekonomian Provinsi Sulawesi selatan banyak berpusat pada kegiatan pertanian, perikanan, pertambangan emas, magnesium, besi dan logam lainnya.

Setiap kota atau kabupaten tentu saja memiliki keunggulan dalam hal-hal tertentu, hal ini menyebabkan perbedaan kesejahteraan di masing-masing daerah.

Berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022, Kota Palopo merupakan daerah dengan warga paling sejahtera di Provinsi Sulawesi Selatan, diluar Kota Makassar.


Sebagaimana dikutip media nasional Surabayanetwork.id, pengurutan tingkat kesejahteraan ini beradasarkan IPM secara umum menggambarkan mengenai bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Dapat dikatakan bahwa semakin tinggi IPM suatu daerah, makan semakin sejahtera pula warganya. Berikut ini adalah 5 daerah paling sejahtera di Sulawesi Selatan berdasarkan IPM masing-masing daerah pada tahun 2022.

1. Makassar

Kota Makassar sebagai ibu kota provinsi, pusat pemerintahan, pusat perekonomi dan perdagangan, juga kota metropolitan yang besar sudah selayaknya menduduki posisi pertama.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Makassar bahkan terpaut cukup banyak dengan daerah berikutnya yang menempati posisi ke dua. IMP Kota Makasar pada tahun 2022 sebesar 83,12. IPM Kota Makasar mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya di mana IPM tahun 2021 sebear 82,66.

2. Palopo

Kota Palopo menempati posisi kedua sebagai daerah yang warganya paling sejahtera di Sulawesi Selatan. Pada tahun 2022 IPM Kota Palopo sebesar 78,91. IPM Kota Palopo juga mengalami sedikit peningkatan di mana pana tahun 2021 IPM Kota palopo sebesar 78,38.

3. Parepare

Pada posisis ketiga sebagai daerah yang warganya paling sejahtera adalah Kota Parepare. Pada tahun 2022 IPM Kota Parepare sebesar 78,4. IPM Kota Parepare juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2021 IPM Kota Parepare sebesar 78,21.

4. Luwu Timur

Pada urutan keempat sebagai daerah yang warganya paling sejahtera di Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Luwu Timur. Kabupaten Luwu Timur memiliki IMP sebesar 73,92 pada tahun 2022, naik dari tahun sebelumnya di mana pada tahun 2021 IPMnya sebesar 73,34.

5. Enrekang

Kabupaten Enrekang menduduki posisi ke lima sebagai daerah yang warganya paling sejahtera di Sulawesi Selatan. IPM Kabupaten Enrengkang pada tahun 2022 sebesar 73,39. Sama seperti daerah-daerah lainnya di Sulawesi Selatan, IPM Kabupaten Enrekang juga mengalami sedikit peningkatan, di mana IPM pada tahun 2021 sebesar 72,91.

Itulah 5 daerah dengan IPM tertinggi di Sulawesi Selatan. Artinya penduduk 5 daerah tersebut lebih sejahtera karena mampu mengakses hasil pembangunan dengan baik. (net)

Komentar