Terkesan Terjadi Pembiaran, Pemuda Dusun Minanga Minta BPBD dan PUPR Kab. Luwu Turun Tanggapi Longsor

LUWU, ANGKASA NEWS- 20 April 2024 longsor ke sekian kalinya kembali terjadi di poros Desa Bukit Harapan, Kec. Bua, Kab Luwu.

Sebelumnya longsor terjadi pada beberapa waktu lalu yang mengakibatkan lumpuhnya aktivitas masyarakat akibat putusnya akses jalan ke dua dusun di Desa Bukit Harapan ini, yaitu Dusun Minanga dan Dusun Malenggang.

Pertanggal 20 April baru-baru ini material tanah longsor kembali menutupi permukaan jalan yang sebelumnya sudah di swadaya masyarakat (gotong-royong) sebagai upaya agar akses jalan tersebut bisa kembali di lalui.

Pemuda di Dusun Minanga (Desa Bukit Harapan) yang enggan disebut namanya, menuturkan bahwa, dengan kondisi curah hujan yang akhir-akhir ini cukup padat sehingga mengakibatkan terjadinya longsor kesekian kalinya, dan mengakibatkan masyarakat di dua Dusun ini harus melalui jalan alternatif lainnya yang kondisinya cukup terjang dan membahayakan.

Namun Sikap dari pemerintah setempat hari ini belum ada, seolah melakukan Pembiaran terhadap kondisi yang terjadi hari ini. “Ucap pemuda tersebut”

“Juga ini harus jadi pusat perhatian dari BPBD & PUPR Kab. Luwu, agar secepatnya turun action untuk melihat langsung kondisi di lapangan.”

“Melihat retakan di hulu longsor dengan tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini bisa saja terjadi longsor yang lebih besar lagi. Sehingga sungai yang ada di hilir longsor bisa saja terbendung akibat material longsor itu sendiri.

Dan ketika terbendung otomatis kemudian langsung jebol, ini sangat membahayakan bagi keselamatan warga yang ada di hilir, khususnya warga desa lengkong, dan sekitarnya.”

Karena ini menyangkut kemaslahatan rakyat, harusnya pemerintah setempat lebih aktif dan soluktif dalam melahirkan solusi jangka panjang maupun jangka pendek, terkait jalan yang per hari ini masih tertutupi material tanah longsor, (tutup pemuda tersebut).

Komentar