Tawwa, Survei Isrullah-Usman Melejit ke 9,75% di Pilkada Lutim

MAKASSAR, ANGKASA NEWS – Lembaga Poros Survei Indonesia (PSI) merilis tingkat elektabilitas 3 pasangan calon di Pilkada Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mengukur tingkat elektabilitas paslon, responden diberi pertanyaan tertutup terkait pasangan calon yang akan dipilih jika pilkada digelar saat ini.

Hasilnya, pasangan calon nomor urut 1 Isrullah Achmad-Usman Sadik dipilih 9,75% responden.

Pasangan calon nomor urut 2, Budiman Hakim dipilih oleh 36,75% responden. Sementara pasangan nomor urut 3 Irwan Bachri Syam-Puspawati Husler dipilih oleh 44,50% responden.

Sedangkan responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 9,00%.

Hasil survei Pilkda Lutim 2024 tersebut dirilis PSI, di salah satu kafe, Jalan Letjen Hertasning, Makassar, Kamis (10/10/2024). PSI memotret elektabilitas kandidat dari 400 responden warga Lutim yang telah memiliki hak pilih.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 5 %. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 440 responden pada periode 21-30 September.

“Pasangan calon Irwan Bachri Syam-Puspawati Husler adalah pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur dengan tingkat keterpilihan tertinggi,” ujar Zulfahri.

Zulfahri menekankan, hasil ini masih berpotensi berubah seiring masifnya masing-masing paslon dalam berkampanye. Elektabilitas masing-masing bisa berubah hingga pencoblosan.

“Dinamika elektoral masih bisa berubah, sangat tergantung pada kerja pemenangan masing-masing pasangan calon,” ujarnya.

Sementara itu, dari sisi potret kepribadian calon pemimpin di Luwu Timur, PSI memotret ada tiga sifat kepemimpinan yang dipandang paling penting oleh masyarakat Luwu Timur, yang harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin, yakni jujur, bisa dipercaya (46.50%), perhatian pada rakyat/merakyat (30%), dan mampu memimpin Kabupaten Luwu Timur (17.25%).

“Masyarakat Kabupaten Luwu Timur menilai, Irwan Bachri Syam adalah kandidat yang paling memiliki ketiga sifat kepemimpinan tersebut,” jelas Zulfahri.

Diketahui, survei Isrullh-Usman yang dirilis lembaga survei lain, yakni LSI dan SSI, hanya di kisaran 3% pada periode survei awal September 2024. (*)

Komentar