Sekda Palopo Sampaikan Agar Bekerja Maksimal Saat Hadiri Pelantikan 45 PPK

ANGKASA NEWS, PALOPO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo Firmanza DP menghadiri pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024, di Aula Hotel Agro Palopo, Rabu (4/1/2023) pagi.

Saat menyampaikan sambutan wali kota, Sekda Firmanza berpesan kepada PPK agar bekerja maksimal.

“Selamat kepada anggota PPK yang dilantik, semoga bisa bekerja dengan maksimal,” kata Firmanza.

Sementara Ketua KPU Kota Palopo Abbas Johan mengatakan, perekrutan PPK ini juga diawasi oleh Bawaslu Palopo.

Tugas dan fungsi pengawasan Bawaslu, adalah mengawasi dan memastikan seluruh tahapan proses pembentukan PPK dimulai dari pengumuman, pendaftaran dan penerimaan berkas, hingga penelitian administrasi calon PPK.

Juga melakukan screening berdasarkan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), dari sisi rekam jejak, memastikan perioderisasi calon PPK, tes tertulis, tes wawancara, pengumuman tes tertulis dan wawancara, calon PPK terpilih, serta pelantikan/pengambilan sumpah janji. Dan yang terpilih ini telah memenuhi kualifikasi terbaik.

“Semua tahapan sudah dilalui sampai pada saat terakhir ini yaitu pelantikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Rekrutmen PPK berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum.

Di Kota Palopo anggota dan ketua PPK berjumlah 45 orang yang tersebar di sembilan kecamatan. Masing-masing kecamatan diisi 5 orang PPK. (*/man)

Komentar