Samil Ilyas Apresiasi Pernyataan Sekkot Palopo Soal Netralitas ASN

PALOPO, ANGKASA NEWS– Mantan Kepala Inspektorat Kota Palopo, HM Samil Ilyas SE MM mengapresiasi pernyataan Sekda Kota Palopo Firmanzah DP, saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), Selasa 17 Oktober 2023.

Menurutnya, apa yang disampaikan Sekda adalah pesan yang tepat, dikarenakan seorang abdi negara harus menyadari jika pemerintahan merupakan pelayanan untuk masyarakat banyak, bukan ditujukan pada orang perorang atau kelompok tertentu.

“Mau dibawa kemana pemerintahan kita ini, jika seorang abdi negara hanya melayani orang perorang atau kelompok tertentu saja,” katanya kepada TEKAPE.co.

ASN itu harus punya prinsip serta idealisme, agar pemerintahan tetap punya wibawa. Sebagai ASN harus betul-betul melayani masyarakat secara keseluruhan.

“Karena kita sebagai ASN adalah pelayan masyarakat dan kata kasarnya pembantunya masyarakat, karena kita digaji dari uang rakyat,” ungkap Samil, yang juga mantan kepala BPKAD Kota Palopo.

Samil juga mengingatkan kepada pejabat Pemkot agar betul-betul memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Apalagi sekarang ini adalah tahun politik.

“Tidak lupa juga kami memberi selamat kepada bapak Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, dalam menjalankan tugas sebagai amanah agar betul-betul Pemkot Palopo di-manage dengan baik, agar ASN tidak terlibat dalam politik praktis, sehingga pesta demokrasi yang bakal kita hadapi tidak akan tercederai nantinya. Sehingga hasil Pemilu menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” ujarnya.

Samil memilih pensiun dini karena ingin tenang, karena sudah mengabdi di pemerintahan selama 34 tahun, dan berbagai jabatan strategis sudah pernah dijabat, diantaranya Kepala Pusat Niaga Palopo (PNP), Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Palopo, Camat Sendana, Camat Wara, Kabag Keuangan Setda Kota Palopo, Kadis Perhubungan Kota Palopo, dan terakhir sebagai Staf Ahli Bidang Keuangan. (fhm)

Komentar