Putra Mahkota Pajung Ri Luwu ke-37 Andi Alamsyah Djemma Barue Bertemu Pemegang Mandat Adat Pancai Pao

PALOPO, ANGKASA NEWS– Andi Bau Iwan Alamsyah Djemma Barue SH MM selaku Pajung Ri Luwu ke-39 bertemu Abidin Arief To Pallawarukka SH selaku Pemegang Mandat Adat Pancai Pao.

Pertemuan kurang lebih satu jam ngobrol santai sembari ngopi bersama beberapa tokoh adat Tana Luwu di salah satu kediaman keluarga di Kota Palopo, Senin, 20 Februari 2023.

“Hampir empat tahun baru bertemu lagi dengan A Bau Iwan Alamsyah Djemma Barue. Karena situasi Covid 19 tapi komunikasi via phone atau via whatsapp tetap intens. Sebab apapun bentuknya, silaturrahim harus selalu terjaga sebagai komitmen dalam beragama. Begitu juga dalam falsafah adat Tana Luwu sipakatau sipakaraja sipakalebbi sipakainge merupakan motto orang adat Tana Luwu,” ujar Abidin Arief kepada Angkasa News. Com, Selasa (21/2/2023).

Apalagi pihak dari Adat Pancai Pao tetap berada pada pendirian netral berdiri diatas kepentingan Adat Pancai Pao hanya tujuan kemaslahatan ummat.

Selain itu, Andi Bau Iwan Alamsyah Djemma Barue tercatat dalam sejarah Kedatuan Luwu sebagai salah satu putra mahkota Pajung Ri Luwu ke-37 dan juga Pajung Ri Luwu ke-39.

Adapun tidak berdiam di dalam Istana Kedatuan Luwu, dapat dipahami bahwa selain kesibukannya sebagai abdi negara di Kota Makassar (Aparatur Sipil Negara), juga dipahami bahwa ukuran seorang Pajung Ri Luwu adalah salah satunya silsilah.

“Makanya kami tidak ingin berpihak di salah satu kelompok adat atau masuk dalam situasi dualisme sebab tidak ada untungnya bagi kami tapi malah kerugian semata yang kami dapatkan,” tegas Abidin.

Namun ia tetap hormat pada sejarah yang sebenarnya dikarnakan orang yang menghargai adatnya tentu menghargai perjuangan sejarah leluhurnya secara turun temurun.

Setelah A Bau Iwan Alamsyah Pajung Ri Luwu ke-39 diminta tanggapan, penyampaiannya sederhana. Salut pada Pemegang Mandat Adat Pancai Pao yang mampu memposisikan adat dengan netral tanpa harus memilih keberpihakan.

“Namun selalu mencari solusi kebersamaan agar tidak mesti harus ada benturan sesama Wija To Luwu. Apalagi sesama pengurus adat,” tutup Pajung Ri Luwu 39 Andi Bau Iwan Alamsyah Djemma Barue SH MM. (ari)

Komentar