Old Camp Sorowako Kembali Bergejolak, Bukti Kegagalan Budiman sebagai Bupati Lutim Makin Terukur

LUTIM, ANGKASA NEWS– Lokasi old camp Sorowako, kembali bergejolak dikarenakan penyelesaiannya dianggap terlalu lamban. Harusnya Bupati Lutim punya sikap tegas tentang penyelesaian lahan old camp. Bukan sikap politik yang harus ditampilkan.

Masalah old camp tidak boleh dibiarkan berlarut-larut agar warga tidak menjadi korban terjadi perseteruan antarsesama mereka berkeluarga.

Old camp bukan masalah besar bagi pemerintah dalam melakukan penyelesaian. Hanya masalah old camp menjadi besar dikarenakan sikap Bupati menonjolkan kepentingan politiknya. Harusnya Drs H budiman Hakim MPd membuktikan saat ini tuntutan 13 point yang ditujukan pada top managemen PT Vale pada saat awal menjabat Bupati Lutim.

”Salah satu point tersebut yang kami ingin lihat buktinya adalah membawa-bawa atas nama adat menjadi salah satu point tuntutan,” kata Abidin Arief To pallawarukka SH, Pemegang Mandat Adat Pancai Pao, Minggu (28/04/2024).

”Faktanya hari ini kepastian adat khususnya dalam wilayah Adat Matano bukan makin membaik. Tapi kami menilai, justru semakin terpuruk. Terlebih kehidupan masyarakat adatnya dimana baru baru ini sesama masyarakat adat kembali bentrok,” katanya lagi.

Harusnya lokasi old camp sudah mempunyai kepastian hukum dari kemarin-kemarin. Namun entah apa yang menjadi alasan sehingga sampai saat ini masalahnya berlarut-larut.

”Apakah ada kepentingan kelompok tertentu yang harus diselamatkan dulu sehingga mengabaikan kepentingan masyarakat banyak serta membiarkan lokasi menjadi lahan tidur yang semestinya masyarakat adat sudah bisa menikmati lokasi tersebut,” ujar Abidin Arief. (fhm)

Komentar