Kukuhkan Pengurus TP-PKK Palopo, Pj Wali Kota Tekankan Penanganan Stunting

PALOPO, ANGKASA NEWS– Pejabat (Pj) Wali Kota Palopo Asrul Sani melantik dan mengukuhkan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Palopo.

Pelantikan dan pengukuhan digelar di Aula Ratona, Kantor Wali Kota Palopo pada, Jumat 27 Oktober 2023.

Pj Ketua TP PKK Kota Palopo Hasnawati Asrul dalam sambutannya mengatakan, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga sejahtera.

Berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju, mandiri, berkesetaraan dan berkeadilan gender, serta berkesadaran hukum dan lingkungan.

“Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab dan penuh kesungguhan serta memberikan perhatian lebih pada usaha-usaha yang telah ada sebelumnya,” ujar Hasnawati.

Menurutnya, salah satu tugas TP PKK adalah dituntut untuk memahami bagaimana mengelola gerakan PKK agar melakukan fungsi pimpinan, mampu melakukan koordinasi didalam dan konsultasi diluar.

Mampu menjadi figur yang dapat dijadikan panutan bagi pengurus dan masyarakat disekitar kita.

“Dalam masa singkat, diharapkan para pengurus dapat menyusun langkah kongkrit untuk pelaksanaan 10 program pokok PKK dengan mengutamakan program prioritas yakni ketahanan pangan dan penanganan stunting,” ungkapnya.

Hasnawati. Hasrul juga menyamaikan, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah agar memakai produk UMKM yang ada di Palopo. Ini merupakan bagian dari keberpihakan Pemerintah Kota Palopo kepada para pelaku UMKM.

“Kedepannya Hotel yang ada di Kota Palopo wajib memajang produk lokal Palopo,” katanya.

Sementara, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani beliau mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus TP PKK Kota Palopo yang baru saja dilantik.

“Semoga dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh amanah dan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus lama yang telah mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi dalam memajukan gerakan PKK,” ucapnya.

PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Tujuan utama PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin keluarga.

“Salah satu program prioritas yang harus kita perhatikan adalah penanganan stunting. Di Palopo masih diatas standar nasional, adapun program Pj Gubernur Sulsel adalah men”zero”kan stunting.”

“Setelah pelantikan ini mari kita bergerak untuk melakukan pendampingan, penanganan stunting dan juga pencegahan yang cukup penting untuk diperhatikan. 1000 hari kelahiran pertama adalah masa paling penting. Diharapkan di Kota Palopo segera melaksanakan penanganan stunting,” pungkasnya. (hms)

Komentar