DPRD Palopo Gelar Paripurna Penyerahan Ranperda APBD 2024

PALOPO, ANGKASA NEWS– DPRD Palopo melaksanakan rapat paripurna di Kantor DPRD, Kelurahan To’bulung, Senin (13/11/23).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Palopo, Hj Nurhaeni didampingi Wakil Ketua I Abdul Salam SH dan Wakil Ketua II Irvan Majid ST. Dan dihadiri sejumlah anggota DPRD dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkot Palopo.

Pada paripurna tersebut, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH MSi menyerahakn Rancangan APBD Palopo Tahun Anggaran 2024.

Dalam Ranperda APBD 2024 dengan pendapatan ditarget Rp935,49 miliar. Besaran target pendapatan ini berkurang dari APBD 2023 sebesar Rp59,34 miliar. Sementara, alokasi belanja sebesar Rp950,50 miliar atau berkurang sebesar Rp116,34 miliar dari tahun anggaran 2023.

Adapun target penerimaan pembiayaan Rp18 miliar dengan pengeluaran pembiayaan Rp2,94 miliar.
Pembiayaan netto pada Ranperda APBD 2024 sebesar Rp15,05 miliar yang akan menutupi defisit APBD 2024.

Pj Wali Kota, Asrul Sani menyampaikan, dalam APBD 2024 memperioritaskan pada beberapa sektor seperti, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi.
Selain itu, juga pada sub kegiatan yakni, peningakatan sumber daya manusia (SDM), standar pelayanan, pertumbuhan ekonomi daerah, penanganan stanting dan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, ketahanan pangan, pengolahan sampah dan limbah, penanganan banjir, kemudahan pelayanan publik dan investasi, akselerasi pernaikan tata kelola pemerintahan, stabilitas sosial politik dan keamanan, ketentaraman dan ketertiban umum, serta pendanaan penyelenggaraan pemilu dan Pilkada dengan jujur dan adil.

“Secara garis APBD 2024 berorientasi meningkatkan stabilitas daerah dan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (hms)

Komentar