DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Palopo ke-22

PALOPO, ANGKASA NEWS– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palopo gelar rapat Paripurna dalam rangka hari jadi Kota Palopo ke -22 bertajuk “Berdaya Saing Global” yang berlangsung di ruang rapat paripurna istimewa, Senin, 29 April 2024.

Rapat Paripurna Hari jadi Kota Palopo Ke -22 tahun 2024 berlangsung di Ruang Paripurna DPRD dan dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Palopo Hj Nurhaenih dan dihadiri oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin MSi, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi SIK M.H, Pj Walikota Palopo Asrul Sani, SH.,M.Si.

Juga hadir Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si (Bupati Lutra), HA. Sitti Huzaimah Opu Daeng Ripajung (Opu Cening Kedatuan Luwu), AKBP Safi’i Nafsikin, S.H.,S.I.K.,M.H (Kapolres Palopo), Suwarni Wahab SH., MH (Plh. KaJari Kota Palopo), Ahmad Ismail, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Palopo), Mayor Arm Syafaruddin (Kasdim 1403/Palopo), Abdul Salam (Wakil Ketua 1 DPRD Kota Palopo), para kepala OPD Pemkot Palopo, para anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,Para pimpinan dan anggota DPRD se Luwu Raya.

PJ. Walikota Palopo Asrul Sani,dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan perkenan Pj. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,Kapolda dan Bapak Kajati Sulawesi Selatan beserta rombongan untuk hadir di tengah jajaran pemerintahan dan warga Kota Palopo dalam memperingati HUT Kota Palopo yang ke -22 tahun

Lanjut ,Asrul Sani mengatakan bahwa serangkaian kegiatan secara sinergi dan kolaboratif telah dilaksanakan demi memeriahkan momentum peringatan ini, diantaranya Palopo Fruit Fiesta di Kampung Wisata Kambo yang diharapkan sebagai even wisata Kota Palopo, Ramadhan Fest, Festival Anak Sholeh, Kejurnas ONEPRIX Putaran 1 di arena sirkuit Ratona, lomba sepeda gunung Enduro Walikota Cup 2024, FGD tematik dan Survey Jenema atau branding Kota Palopo, lomba olah raga tradisional antara Perangkat Daerah, rangkaian acara adat Mappacekke Wanua, Zikir dan Doa bersama, Pasar Murah, Pasar Rakyat, Pentas Seni dan musik serta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

Selain itu.Rangkaian acara yang juga mencerminkan dari karakter Kota Palopo yang religius dan berbudaya, sebagaimana ungkapan bijak “Patuppi Ri Adee, Pasanre Ri Sarae. Kesemuanya ini, tidak lain dimaksudkan agar kita semua, selaku unsur aparatur pemerintahan, segenap masyarakat dan para pemangku kepentingan akan senantiasa merasa memiliki, peduli, bertanggung jawab dan dengan semangat tinggi untuk memajukan Palopo agar lebih baik ke depan.

“Besarnya potensi daerah ini dalam berbagai aspek, antara lain berupa letak geografi yang strategis, lahan subur dengan bentang alam yang terdiri dari laut, dataran pesisir dan pegunungan, curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun, area tutupan lahan berupa hutan lebih dari separuh dari luas wilayah Kota Palopo, latar belakang penduduknya yang beragam, memiliki kekayaan sejarah dan budaya dengan artifak yang bernilai tinggi, masyarakatnya yang terbuka dan dinamis. Ini menunjang berkembangnya berbagai sektor perekonomian dan sosial kemasyarakatan Kota Palopo diindikasikan antara lain oleh kondisi makro ekonomi daerah dan indeks pembangunan manusia (IPM)” jelas Asrul Sani

Asrul Sani menjelaskan bahwa struktur ekonomi bergerak dari primer ke sekunder, hingga pada tahun 2023 dalam pembentukan PDRB sektor perdagangan tertinggi sebesar 23,7 %, diikuti oleh sektor konstruksi 17,47 %, sementara sektor pertanian 16,34 %. Dibandingkan tahun sebelumnya, meski menurun namun tetap ekonomi tumbuh sebesar 4,34 %. IPM pada angka 80,77 atau meningkat sebesar 1,86 poin.

“Angka pengangguran terbuka sebesar 7,81 %, berkurang 0,39 % dari sebelumnya sebesar 8,2 %. Angka kemiskinan 7,69 % menurun dari sebelumnya 7,78 %. Berdasarkan rilis data BPS Kota Palopo Tahun 2024, pada Maret 2024, inflasi Year on Year (yoy) sebesar 2,75 % dengan indeks harga konsumen (IHK) 106,69. Tingkat inflasi month to month (mtm) sebesar 0,90 %.Sementara inflasi tahun kalender (ytd) sebesar 1,80 %. Angka inflasi ini lebih didorong oleh kenaikan harga beberapa kelompok pengeluaran. Optimisme ini juga, dari mencermati dinamika yang telah dapat dilalui bersama, dalam irama keberlanjutan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan di kota kota ini.ungkapnya

Sementara itu, PJ.Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengungkapkan atas nama Masyarakat dan Pemerintah Sulawesi Selatan mengucapkan selamat hari jadi kota Palopo yang ke 22 tahun dan ini kita berharap Kota Palopo ini menjadi pusat pertumbuhan di pantai timur Sulawesi Selatan,kan kita tau ada 17 perguruan tinggi di Kota Palopo.

” Kita maunya itu,Kota Palopo menjadi pusat pertumbuhan selain memiliki perguruan tinggi ,disini juga ada pelabuhan kemudian Bandara,jadi saya kira Kota Palopo ke depan harus mengambil peluang sebagai pusat pertumbuhan di pantai timur Sulawesi Selatan yang terkoneksi kota-kota lain di seluruh indonesia dan kota -kota di asia tenggara dan perdagangan dunia seperti kejayaan masa lalu oleh tokoh- tokoh kita di Tanah Luwu di berapa abad yang lalu ” ungkap PJ Gubernur Sulsel

PJ.Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bermohon kepada setiap warga Sulawesi Selatan untuk kita bersama-sama mengatasi hulunya masalah karena selama ini kita menangkap ekornya masalah.Dua per tiga lahan di Sulawesi Selatan itu kritis berdasarkan data kita hanya mampu APBD ,APBN 2.400 Hektar per tahun di bandingkan luas lahan Sulsel yang hampir 5 Juta Hektar,sebagian besar diantaranya rusak parah ,kalau memperbaikinya di butuhkan waktu 187 tahun. Kalau hari ini kita sama Masyarakat ,setiap orang punya kewajiban menanam pohon di lingkungannya,setiap hari setiap waktu,kalau tidak kita hanya menangisi terus menerus,pasrah saja sama Alam dan setiap hari kita terus disuguhkan longsor ,banjir,harus ada upaya ekstra membalikkan cara kerja kita setiap warga,setiap orang,Pemda punya kesadaran untuk merawat lingkungan

Disamping itu,Kapolda Sulsel , Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dalam sambutannya juga mengucapkan selamat hari jadi Kota Palopo yang ke 22 tahun, semoga kota Palopo menjadi Kota yang maju dan mempunyai daya saing.

“Terima kasih kepada seluruh pemerintah Kota Palopo serta seluruh masyarakat Kota Palopo atas pelaksanaan Pileg dan pilpres sehingga dapat terlaksana dalam keadaan kondusif dan aman” ucap Kapolda Sulsel

Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menambahkan kalau sekarang ini,akan memasuki situasi global yang tidak menentu sehingga akan mengalami dampak ke daerah.Olehnya itu, Polda Sulsel memerintahkan kepada seluruh jajaran Polres untuk membantu dalam penanganan bantuan pangan serta memelihara Kamtibmas dan berkolaborasi dengan instansi yang terkait.

Dalam momentum Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Palopo Ke -22 tersebut.Gubernur Sulsel menyerahkan bantuan secara simbolis berupa, 1. 5.000 Bibit Cabai, 2.500 Bibit Nangka dan 15.000 Bibit durian dari Pemprov ke Pemkot Palopo. Bantuan Rumah Ikan 13 Lokasi, Asuransi Nelayan 400 Orang, Restocking Ikan Laut 26.000 Ekor untuk peningkatan produksi pertanian.Bantuan untuk 100 Rumah Tangga Miskin senilai Rp. 1,38 Milyar kepada Pj. Walikota Palopo,kemudian juga penyerahan bantuan CSR Mobil tanggap bencana kepada Pj. Walikota Palopo dan penyerahan bantuan peralatan koperasi, Bantuan UMKM Produktif dan Bantuan peralatan wirausaha pemula kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo. (hms)

Komentar