Didampingi Plt Kadis Damkar Palopo, Asrul Sani Sambut Kunker Kepala Basarnas Sulsel

PALOPO, ANGKASA NEWS – Pejabat (Pj) Wali Kota Palopo Asrul Sani menerima kunjungan Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Mexianus Bekabel, di Rujab Wali Kota Palopo, Rabu 1 November 2023.

Arsul Sani didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo H Burhanuddin, Kepala Dinas Sosial Palopo Zulkifli, dan Plt Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo Makmur SE.

Dalam kunjungannya itu, Kepala Basarnas Makassar meminta dukungan Pj Wali Kota terkait keberadaan Pos SAR di Kota Palopo.

“Kami datang disini mau bantu pemerintah daerah, ya paling kurang pemerintah daerah bisa memberikan tempat yang layak agar kami (Basarnas) bisa bekerja dengan baik. Jadi kami berharap bapak bisa berpikir seperti apa, supaya anggota kami juga nyaman,” kata Mexianus.

Ia mengatakan, ada 5 orang personil dari Basarnas di Kota Palopo. “Berdasarkan Undang-undang, kami itu bersama pemerintah daerah, TNI dan polri. Jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri. Terlebih dibawa Pemda kan ada BPBD, dan organisasi lainnya, jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri,” sambungnya.

Mexianus juga mengatakan, pembentukan unit (SAR) itu tidak serta merta, harus melalui beberapa kajian.

“Walaupun kami dengan keterbatasan SDM, itu dibeberapa daerah meminta satu kabupaten satu unit, tapi itu tidak bisa, kami tidak seperti BPBD. Jadi kita satu unit itu bisa membawahi beberapa daerah di sekitarnya,” ujarnya.

Kepala Basarnas menambahkan bahwa kedepan pihaknya juga akan bersurat terkait PKO dari pegawai pemerintah untuk di latih dan didik untuk diperbantukan di Basarnas.

“Jadi yang dari Pol PP atau dari mana itu, 10 orang akan kami latih untuk membackup, untuk finansial atau dana dari itu nanti ditanggung dari Pemda.”

“Jadi kita hanya melatih dan menyiapkan untuk mereka standby di pos. Dan itu sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang kami lakukan seperti itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Asrul Sani mengatakan, siap mendukung Basarnas. Dirinya meminta kepada kepala BPBD Kota Palopo untuk menindaklanjuti apa yang menjadi maksud kepala Basarnas Sulsel, mencarikan lokasi yang lebih repsesntatif lagi bagi personil dan peralatan Basarnas.

“Kami siap mendukung, silahkan diajukan permohonannya,” ujar Asrul Sani.

Ia juga mengungkapkan bahwa pekan lalu juga datang dari Lantamal bersilaturahim dan berencana membangun pos di kota palopo.

“Menurut saya itu bagus, dengan itu kita bisa bersinergi bersama,” bebernya. (hms)

Komentar