Charta Politika Indonesia Rilis Hasil Survei, Persentase Elektabilitas ASS Mendominasi

MAKASSAR, ANGKASA NEWS– Beredar hasil Survei Charta Politika Indonesia terhadap elektabilitas Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang.

Dari hasil lembaga Survei Charta Politika Indonesia menempatkan mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) pada posisi teratas.

Dengan metode pertanyaan, “Seandainya Pilkada Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan hari ini, siapa yang Ibu/Bapak pilih sebagai Gubernur Sulawesi Selatan untuk lima tahun yang akan datang?”

Hasil menunjukkan, ASS berada pada tingkat tertinggi dengan memperoleh 15.4% dalam Survei Charta Politika Indonesia yang dilakukan awal Juli 2024 dan di rilis pada, Selasa (6/8/2024).

Menyusul Ketua DPD Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulsel, yakni Andi Iwan Aras (AIA) dengan tingkat perolehan elektabilitas diangka 9.9%.

Kemudian Wali Kota Makassar dua periode, Moh. Ramdhan Pomanto atau akrab di sapa ‘Danny Pomanto’ (DP). Berada pada posisi ke tiga dengan perolehan angka elektabilitas 9.1%.

Lalu di bayang-bayangi oleh Ilham Arief Sirajuddin (IAS) pada posisi ke empat dengan persentase tingkat keterpilihan 8.2%.

Sedangkan Bupati Gowa dua periode, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo berada di urutan ke lima dengan perolehan elektabilitas diangka 7.8%.

Survei itu juga melibatkan nama-nama figur Bakal Calon Gubernur Sulsel dari keterwakilan perempuan.

Wakil Bendahara Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem), Fatmawati Rusdi berhasil memperoleh angka 7.3%.

Kemudian Indah Putri Indriani (IDP), Bupati Luwu Utara dua periode memperoleh angka elektabilitas sebesar 6.5%.

Disusul Ketua DPD Golongan Karya (Golkar) Sulsel, Taufan Pawe dengan angka 2.7%.

Mantan Walikota Palopo dua periode turut mewarnai bursa Bakal Calon pada Survei tersebut, elektabilitas Judas Amir berada pada persentase angka 2.6%, beriringan dengan hasil elektabilitas Suardi Saleh.

Adapun yang memilih figur lainnya berada pada angka persentase 4.0% dan yang belum menentukan pilihan terhadap Bakal Calon Gubernur Sulsel pada Survei tersebut sebesar 24.0%.

Komentar