Abidin Arief Berlabuh di PAN, Maju Caleg di Dapil 4 Palopo

PALOPO, ANGKASA NEWS– Abidin Arief yang dikenal sebagai Pemegang Mandat Adat Pancai Pao Kedatuan Luwu, memutuskan maju Caleg di Palopo pada Pileg 2024 mendatang.

Ia berlabuh di Partai Amanat Nasional (PAN). Dan akan meramaikan bursa Caleg di Dapil 4 Kec. Bara dan Telluwanua.

“Insha Allah, saya ikut gabung di PAN untuk Pileg,” kata Abidin kepada Angkasa News, Jumat, 16 Juni 2023.


Sebagaimana pernah diberitakan, rumpun keluarga mendorong Abidin Arief maju Caleg Kota Palopo pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Abidin yang akan maju di dapil Bara-Telluwanua, Kota Palopo itu dinilai sosok yang paling tepat memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD Kota Palopo.

Pemuka masyarakat Balandai, M Yunus L, Senin 5 Juni 2023, yang mendengar wacana tersebut, mendorong Abidin maju Caleg.

Yunus mengatakan, besar kecendrungan rumpun keluarga memilih Abidin Arief. Salah satu alasannya, Abidin sangat mumpuni dari sisi kualitas. Sebab dia punya banyak pengalaman organisasi, baik dari parpol, LSM, dan Ormas.

Saat ini, Abidin ditunjuk menjadi pemegang mandat adat dari Dewan Adat Pancai Pao, dari kampung almarhum ayahnya, di Malangke.

“Dari pengalaman itu, kami melihat sosok Abidin sangat layak untuk ditawarkan kepada keluarga, untuk bisa dibantu dimenangkan pada Pemilu 2024 nanti,” ujarnya.

Selain itu, sosok Abidin dikenal rendah hati, amanah dan peduli. Kepedulian sosialnya sudah dirasakan masyarakat. Ia juga tidak pernah membeda-bedakan dalam membantu antara keluarga sahabatnya atau orang lain, karena semua manusia sama di matanya, tidak mengenal masyarakat kecil atau pejabat, namun mampu menempatkan dirinya dalam berkomunikasi.

“Soal kedekatan dengan keluarga, Abidin dekat dengan keluarga dari ibunya yang ada di Balandai, rumpun besar Libukang. Juga di rumpun keluarga alm ayahnya di Malangke. Itulah sebabnya dipercayakan untuk ikut menjadi pengurus adat Pancai Pao, karena komunikasinya dengan keluarganya di Malangke sangat bagus. Baik kalangan masyarakat adat Pancai, terlebih keluarganya para tokoh adat, termasuk hubungan komunikasi dengan beberapa pemerintah di tana Luwu,” terang Yunus.

Abidin juga dikenal mampu menjaga komunikasi yang baik dengan banyak kalangan, utamanya keluarga dan sahabatnya yang ada di Kabupaten Luwu Timur, sampai saat inipun komunikasinya sangat bagus.

“Beliau cukup komunikatif, karena ditunjang dengan kemampuan SDM serta kehidupan yang sederhana, sehingga tidak mudah kesana kemari membawa kesusahannya pada orang, tapi justru kepeduliannya tinggi pada sesama. Apalagi di kalangan orang yang tidak mampu, dia selalu rendah hati untuk membantu sesuai kemampuannya dan itu karakter pribadinya sejak kecil sampai saat ini,” ungkap Yunus.

Menurut dia, modal kemampuan komunikasi ini sangat penting dimiliki anggota DPRD. Sebab fungsi wakil rakyat adalah melakukan komunikasi dengan para pemangku kepentingan.

Terpisah, mantan Anggota DPRD Kota Palopo dari Partai Hanura, H Idris, juga menyambut baik wacana Abidin yang akan ikut bertarung di Pileg 2024.

H Idris mengakui bahwa Abidin adalah adik sepupunya, dari bapak dan dari ibu. Sehingga hubungannya cukup dekat.

“Munculnya nama Abidin tidak terlepas dari arahan kami sebagai keluarga, agar dia ikut Pileg, karena saya tidak lagi maju, sehingga tidak terjadi kekosongan caleg dalam rumpun keluarga kami,” ujarnya.

Ia menegaskan, Abidin tidak diarahkan sekedar maju, tapi kompetensi yang dia miliki tentu menjadi harapan besar orang banyak, khususnya di rumpun keluarga, bahwa dia bukan tipe ambisius.

“Melihat Abidin maju di Pileg, kami sebagai keluarga tentu tidak akan diam. Sebab selain memberi bantuan moril, kami juga akan memberikan bantuan materil, sehingga lebih leluasa berbuat dengan biaya politik yang memadai,” katanya.

Meski salah satu prinsip Abidin, yang sejak dulu mengharamkan money politic, namun Abidin tidak memungkiri besarnya ongkos politik. Bagi Abidin, politik uang bentuk besarnya ambisi pribadi. Jika ambisinya hanya ingin hidupnya lebih bermanfaat pada orang banyak, khususnya keluarga dan sahabat, maka seseorang tidak akan melakukan segala cara untuk menang.

H Idris juga mengakui, jika kedekatan Abidin dengan Walikota Palopo HM Judas Amir, itu semua karena tidak pernah ingin menyusahkan Walikota, namun selama ini sudah banyak membantu masyarakat lewat komunikasi dengan para pemangku kepentingan. (fhm)

Komentar